Toyota Fortuner diluncurkan pertama kali pada tahun 2005. SUV ini memiliki tampilan gagah dan kokoh hingga mampu memberikan kesan pengendaraan buas di medan off-road. Sejak peluncuran pertamanya, Toyota Fortuner telah berhasil mempertahankan reputasi yang baik di kalangan pembelinya, sehingga dapat mendobrak angka penjualan dan menyumbangkan porsi besar bagi keseluruhan angka penjualan perusahaan dari tahun ke tahun.

Di tahun 2016, PT Toyota Astra Motor Indonesia meluncurkan versi terbaru dari Toyota Fortuner, dan diberi nama All New Fortuner. Dengan perbaikan di segala sisi, baik itu dari segi mesin, interior, eksterior hingga menyematkan fitur keamanan dan keselamatan terbaru, Toyota All New Fortuner siap untuk kembali bersaing di pasar SUV Indonesia.

Mesin Fortuner

All New Fortuner tersedia dalam dua pilihan mesin bensin dan diesel. Dengan menggunakan mesin super GD terbaru untuk meningkatkan kekuatan, efisiensi bahan bakar, serta suara yang ekstra halus. Dual VVT-I nya memastikan anda mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih baik, lebih bersih, dan lebih bertenaga.

Gardu pengapiannya berisi mesin diesel 2,4-liter turbocharged yang mampu menyemburkan daya sebesar 149.6 PS pada 3400 rpm serta torsi bertenaga yang berdetak sekuat 40.8 kgm dalam kisaran 1600 dan 2000 rpm.

Sedangkan mesin bensin 2,7-liternya mampu menggempur kekuatan puncak sebesar 163 PS pada 3400 rpm bersama dengan torsi puncak 34.7 kgm pada 4000 rpm. Kedua gardu penggerak tersebut dipadukan dengan girboks otomatis 6-pecepatan atau transmisi manual 6-percepatan.

All New Fortuner hadir dalam 6 varian, dimana 5 variannya menggunakan transmisi otomatis, dan 1 variannya menggunakan transmisi manual. Dari kelima varian tersebut, 3 varian berbahan bakar Diesel dan 2 berbahan bakar bensin tanpa timbal.

Eksterior Fortuner

Kemudian, Toyota Fortuner menawarkan dimensi yang cukup bongsor yang cocok untuk digunakan di medan off road yakni 4795mm x 1855 mm x 1835 mm. Dengan tampilan terbarunya, dipastikan All New Fortuner lebih memikat dibandingkan seri sebelumnya.

Fascia depan terdiri dari lampu utama bersiku tajam dan gril radiator bergaya baru yang tampak indah dalam balutan kemewahan krom. Lampu depan All New Fortuner didesain dengan Bi-Beam Hi Tech LED Projector serta terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling yang bertujuan agar tidak menyilaukan mata pengendara lain dari arah depan.

Beralih ke bagian samping mobil, nampak jendela belakang yang didesain dengan konsep menyempit ke belakang.

Interior Fortuner

Toyota Fortuner bisa dikatakan SUV yang lengkap dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Selain bodi luarnya yang terlihat gagah dan tangguh di segala medan, ketika masuk ke dalamnya anda akan terpana dengan desain interior Toyota Fortuner.

Kabin di bagian dalam Toyota Fortuner berpadu selaras dengan trim interior, dan keduanya berhasil mempertegas aura kegesitan melalui skema dua nada-warna dan kursi-kursi berbalut bahan baru berkualitas prima.

Sebagai SUV kelas premium, interior Toyota Fortuner haruslah sebanding dengan harga yang ditawarkan, dan sebaiknya tidak mengecewakan penggemarnya. Pada versi terbarunya, yakni All New Fortuner terlihat beberapa perubahan di bagian interior.

Kunci mobilnya mengadopsi teknologi Smart Entry serta tombol mesin Start/Stop (tipe VRZ dan SRZ). Joknya terbuat dari bahan kulit yang ekstra lembut dan nyaman (tipe VRZ). Bagian setir kemudinya dihiasi fitur steering switchEco/Power Modepaddle shift and sequential, dan rear Diff Lock.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Fitur keselamatannya pun mumpuni, sehingga dapat memberikan ketenangan selama berkendara off-road. All New Fortuner dibekali dengan dual front airbag SRS dan pelindung dampak kepala serta airbag untuk melindungi lutut penumpang depan.

Sistem Pengereman Anti-Terkunci (ABS) dipadukan dengan EBD difungsikan untuk menjamin pengendalian kendaraan setelah menggunakan rem pada kecepatan tinggi. Sensor parkir & sudut dibesut apik dalam versi terbaru Fortuner ini sehingga mampu membantu pengendara bermanuver di sudut dan parkir dengan aman.

Toyota membuat struktur bodi All New Fortuner sesuai dengan panduan dari GOA (Global Outstanding Assessment). Struktur bodi mobil tersebut dirancang untuk mampu menyerap dampak energi yang diakibatkan kecelakaan atau benturan.

Fitur lain yang dihadirkan seperti pengereman tambahan EBS, Vehicle Stability Control (VSC) untuk memudahkan kontrol mobil ketika di jalan licin atau tikungan tajam, kemudian jok berstandar ISOFIX untuk menjaga anak-anak tetap di tempat duduknya, serta A-TRC (Toyota Active Traction Control) yang berfungsi untuk mencegah roda selip ketika sedang mengalami akselerasi.

Harga Mobil Bekas dan Mobil Baru Toyota Fortuner di Tahun 2018

Mobil Toyota Fortuner bekas masih terbilang terjangkau di pasaran, meski masih di atas 100 juta-an. Akan tetapi, untuk membeli mobil Toyota Fortuner bekas dengan keluaran tahun yang terbilang baru, anda harus merogok kocek yang dalam.

Saat ini, Toyota Fortuner Bekas produksi tahun 2016 dibanderol dengan harga 400 an juta lebih. Maklum saja, Toyota Fortuner merupakan mobil SUV favorit di tanah air, terlebih dengan fitur-fitur premium dan ketangguhan mesin yang dimilikinya, tak heran bila harganya masih saja selangit.

Varian Kapasitas Mesin Tenaga / Torsi Harga OTR*
 2.4 G M/T 2393 cc 148 hp / 401 Nm Rp 456.800.000
 2.4 G A/T 2393 cc 148 hp / 401 Nm Rp 474.800.000
 2.4 VRZ A/T 2393 cc 148 hp / 401 Nm Rp 508.800.000
 2.7 SRZ A/T 2694 cc 161 hp / 242 Nm Rp 525.500.000

*) Harga mobil di atas merupakan merupakan harga OTR Jakarta

*) Harga bisa saja bervariasi tergantung dari berbagai faktor lain